MEMBUAT LIST PADA EXCEL

Dalam laporan kita sangat disibukkan sekali dengan ratusan bahkan ribuan data yang harus kita entri kedalam sebuah file excel. Nah sekarang saya akan mencoba untuk memberikan sebuah trik dalam mengolah data pada excel yaitu MEMBUAT LIST PADA EXCEL seperti contoh dibawah ini, pada kolom kelas kita akan menginput data tingkat atau kelas peserta didik. Untuk memudahkan menginput data kelas tersebut kita dapat memamfaatkan Data Validasi.

 
Langsung saja kita praktek ya, berikut langkah-langkah untuk mememfaatkan data validasi :

1. Buatlah data seperti gambar diatas
2. Klik cel F5, kemudian klik icon Data Validasi di tab Data 

3. Setelah muncul layar, setting pada tulisan Allow, kemudian plih list


4. Pada source, tuliskan “1-a; 1-b; 2-a; 2-b; 3-a; 3-b; 4-a; 4-b; 5-a; 5-b; 6-a; 6-b” gunakan titik koma ( ; ) atau koma ( , ) sebagai pemisah tergantung pada region setting pada komputer. Jika setting region Indonesia, maka gunakan titik koma ( ; ) sebagai pemisah, tapi jika setting region US,, gunakan koma sebagai pemisah ( ; ) kemudian klik OK

5. Coba cek dan letakkan kursor pada sel F5 disana akan muncul daftar kelas yang telah kita buat, jadi kita tidak perlu mengetik semua kelas tinggal pilih pada dapftar yang telah kita buat tadi.
6. Berikutnya, agar list daftar kelas ini juga ada di sel F5, F6, F7, dan seterusnya, copy sel F5 ke baris yang dikehendaki. 
Selesai sudah MEMBUAT LIST PADA EXCEL, bagaimana mudah bukan. Semoga bermamfaat dan jangan bosan berkunjung ke blog saya OK terima kasih. 
                                                                                                                                                                                                        

1 komentar:

anonymous mengatakan...

mantap gan.,mkasih infonya..

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengunjung

free counters

Pengikut